Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Dinkes Targetkan 12 Puskesmas Paripurna

Dinas kesehatan kabupaten Sumedang menargetkan pada akreditasi puskesmas tahun 2022 sebanyak 12 puskesmas akan masuk katagori paripurna. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kusmiyati setelah dua tahun tak dilaksanakan akreditasi sehubungan dengan pandemi covid 19, rencananya tahun ini Kemenkes kembali akan melaksanakan akreditasi puskesmas.

"Berdasarkan surat dari Kemenkes, tahun 2022 ini kembali akan dilaksanakan akreditasi puskesmas, namun demikian untuk waktu pelaksanaanya kami masih menunggu informasi lebih lanjut," kata Emay.

Ditambahkan Emay guna memghadapi akreditasi tersebut, pihaknya kini sudah mulai melakukan berbagai persiapan demi lancarnya kegiatan tersebut dan 12 puskesmas saat ini disiapkan untuk mendapatkan akreditasi paripurna. Adapun ke-12 puskesmas tersebut adalah puskesmas Tanjungsari, Sawahdadap, Padasuka, Kotakaler, Cimalaka, Ganeas, Situraja, Ujungjaya, Buahdua, Surian, Sumedang Selatan dan Tanjungmedar. "Mudah mudahan target ini tercapai, kalaupun melenceng paling tidak masuk katagori utama," tambahnya.

Akreditasi puskesmas merupakan salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas. Akreditasi puskesmas juga merupakan pengakuan terhadap puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa puskesmas telah memenuhi standar pelayanan puskesmas yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas secara berkesinambungan.

Tujuan diberlakukannya akreditasi puskesmas adalah untuk membina puskesmas memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko. Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan asesor dalam akrediritasi tersebut antaralain administrasi, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perserorangan, penanganan kegawatdaruratan, Laboratorium, medikal report, farmasi. Selain itu terkait pelaksanaan program prioritas nasional seperti penanganan stunting menurunkan kematian ibu dan anak.

sumber: https://sumedangkab.go.id/berita/detail/dinkes-targetkan-12-puskesmas-paripurna