Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

RSUD Jeneponto Kembali Siap Diakreditasi oleh Kemenkes

Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Daeng Pasewang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, akan menjalani resurveI akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Ketua Tim Akreditasi RSUD Jeneponto dr. Pasriani mengatakan, tujuan akreditasi ini untuk meningkatkan mutu pelayanan agar sesuai standar pelayanan yang ditetapkan oleh Kemenkes.

"Agar RS Lanto Daeng Pasewang bisa berdiri sejajar bahkan kalau bisa lebih dari rumah sakit lain," kata dr. Pasriani kepada KABAR.NEWS via telepon, Sabtu (28/5/2022).

Diperkirakan tim survei datang pada bulan Desember 2022. Sebanyak dua atau tiga orang tim survei nantinya akan memeriksa segala kesiapan dan dokumen.

"Akreditasi RS Lanto Daeng Pasewang pertama kali pada tahun 2010. Lalu berikutnya 2019. Dan selanjutnya Insya Allah akhir tahun ini atau awal tahun depan," kata dia.

Dikatakan, akreditasi kali ini disebut sangat berbeda dengan akreditasi sebelumnya. Dimana akreditasi kali ini hanya penambahan pokja dalam prognas yaitu program stunting dan wasting.

"Lanto Daeng Pasewang seperti halnya RS lain, mulai berbenah lagi. Menyusun dokumen akreditasi sesuai dengan acuan standar akreditasi dari Kemenkes," ucapnya.

Diakui dr. Pasriani saat ini manajemen rumah sakit sedang sibuk mempersiapkan semua dokumen. "Target berikut kita bisa mencapai utama dan kalau bisa paripurna. Kita masih pada level dasar. Kita harus bekerja keras untuk itu," ucapnya.

Sebelum Akreditasi dimulai, pihaknya sudah mengikuti wokshop standar akreditasi Kemenkes di Bali pada 17-18 Mei lalu. Yang diikuti oleh ketua dan para wakil ketua Akreditasi.

"Dilanjutkan dengan workshop online untuk semua anggota Pokja pada tgl 30-31 Mei mendatang. Dan selanjutnya akan diikuti oleh rapat-rapat demi rapat untuk penyusunan dan perbaikan dokumen. Insya Allah kami akan maju penilaian reakreditasi sebelum Februari 2023," pungkasnya.

sumber: https://kabar.news/rsud-jeneponto-kembali-siap-diakreditasi-oleh-kemenkes