Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Dinas Kesehatan Pesawaran, Lampung Minta Jaga Kebersihan Makanan Cegah KLB

Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Lampung bakal lakukan pengawasan makanan cegah Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal itu sebagai sistem kewaspadaan dini dan respon dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Lampung terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) bersumber dari makanan. Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Lampung berharap dengan pengawasan makanan menekan potensi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Helda Sibagariang, pengawasan terhadap makanan dan minuman ini tentunya menjadi fokus. "Pemeriksaan minuman, pemeriksaan makanan, dan pemeriksaan terkait dengan pengawasan aspek kesehatan lainnya" ucap Helda saat ditemui Tribun Lampung. Ia juga mengatakan bahwa Dinas Kesehatan saling berintegrasi dalam pengawasan makanan dan minuman. "Barang tentu pengawasan dan minuman dengan melakukan sosialisasi dalam hal menjaga kebersihan makanan" ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar masyarakat hidup bersih dan jauh dari penyakit ataupun wabah. Sebab dari itu Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran melakukan konsentrasi pada program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Program Germas tersebut meliput:

  1. Melakukan aktivitas fisik yang sehat.
  2. Budaya konsumsi buah dan sayur.
  3. Tidak merokok.
  4. Tidak mengkonsumsi minuman berakohol.
  5. Melakukan pemeriksan kesehatan secara berkala
  6. Menjaga kebersihan lingkungan
  7. Menggunakan jamban.
  8. Mencuci tangan menggunakan sabun
  9. Memberantas sarang nyamuk
  10. Menggunakan air bersih

"Jadi yg harus diawasi adalah agar masyarakat sebelum mengolah makanan harus diperhatikan kebersihannya" ucap Kasi Surveilens dan Imunisasi Dinkes Pesawaran.

Dan yang terpenting harus memperhatikan bahan makanan yang akan diolah.

Sebab makanan yang diolah secara baik akan menjadi parameter kesehatan tubuh.

 

sumber: https://lampung.tribunnews.com/2022/07/27/dinas-kesehatan-pesawaran-lampung-minta-jaga-kebersihan-makanan-cegah-klb?page=3