Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Peringati World Hand Hygiene Day, Pengunjung RSUD dr. Iskak Diajak Cuci Tangan

Cuci tangan menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Begitu pentingnya aktivitas ini hingga diperingati secara khusus sebagai Hari Kesehatan Tangan Sedunia (World Hand Hygiene Day) setiap tanggal 5 Mei. Sebagai upaya mensosialisasikan cuci tangan kepada masyarakat, RSUD dr. Iskak Tulungagung menyelenggarakan kegiatan cuci tangan massal bersama pengunjung rumah sakit.

Mengusung tema SAVE LIVES – Clean Your Hands, rumah sakit milik Pemkab Tulungagung ini mengajak untuk bersatu dan mempercepat tindakan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan tangan sebagai prioritas utama. Hal ini sekaligus upaya mengurangi penyebaran infeksi dan pengembangan resistensi antibiotik, selain menciptakan sistem perawatan kesehatan yang lebih aman dan berkualitas tinggi.

Kegiatan cuci tangan massal ini dilakukan pada pukul 09.00 WIB dan diinisasi tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS). Acara dibuka Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan, dr. M. Ravi Tanwirul Afkara, MMRS, yang melibatkan seluruh pengunjung di depan loket BPJS.

Kepada pengunjung, dr. M. Ravi menyampaikan bahwa cuci tangan membawa dampak positif yang cukup banyak. Karena itu penting bagi masyarakat mengetahui cara melakukan cuci tangan yang benar dengan enam langkah serta menggunakan air mengalir, sabun atau handsanitizer.

Ketua Komite PPI RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Rendra Bramanthi, Sp. MK(K) mengatakan dengan cuci tangan dapat mengurangi kemungkinan untuk sakit. Salah satunya saat berkunjung ke tempat-tempat yang terdapat banyak kuman dan bakteri seperti rumah sakit.

“Pada saat tangan dalam kondisi kotor, mencuci tangan harus dilakukan dengan menggunakan air terlebih dahulu dilanjut pemakaian handsanitizer,” pesannya.

Berikut enam langkah cuci tangan yang benar:

  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
Tak hanya memberi pengetahuan, tim PPI juga mempraktekkan cara mencuci tangan menggunakan bando replika tangan yang unik. Pengunjung tampak antusias mengikuti arahan dari petugas.

Setelah memperagakan enam langkah cuci tangan, dilanjutkan sesi tanya jawab. Penanya yang beruntung mendapatkan doorprize menarik. (HUMAS/KAR)

sumber: https://rsud.tulungagung.go.id/peringati-world-hand-hygiene-day-pengunjung-rsud-dr-iskak-diajak-cuci-tangan/