Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Bidan: Pembela Hak-hak Perempuan

Setiap tanggal 5 Mei merupakan peringatan Hari Bidan Internasional. Sejarah singkat peringatan Hari Bidan Internasional ini ditetapkan pertama kali pada 5 Mei 1991 dengan gagasan awal untuk mengenali dan menghormati bidan saat konferensi Konfederasi Bidan Internasional 1987 di Belanda. Untuk peringatan tahun 2019 ini WHO menetapkan tema “Bidan: Pembela Hak-hak Perempuan” (Midwives: Defenders of Women’s Right). Tema tersebut diharapkan dapat menginspirasi profesi kebidanan agar dapat memberikan dukungan strategi global untuk kesehatan wanita, anak-anak, dan remaja.

Profesi bidan sendiri memiliki peran penting dalam penyediaan pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Tentu saja pelayanan atau perawatan yang diberikan haruslah perawatan yang bermutu, meliputi antara lain; pengalaman bersalin yang positif, pilihan pendamping persalinan, komunikasi, manajemen nyeri, mobilitas, pilihan posisi persalinan, dan lain sebagainya.

Untuk memberikan ‘penghargaan’ terhadap profesi bidan, website www.mutupelayanankesehatan.net selama Mei 2019 akan menyajikan berbagai artikel, berita, dan hasil penelitian terkait upaya pemberian pelayanan kesehatan ibu dan anak oleh bidan.