Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Sesuai Standar Akreditasi FKTP

Yogyakarta, 19 - 20 Maret 2020

 

Kepada Bapak/Ibu Calon peserta Bimtek PPI
Kami dari panitia menyampaikan bahwa Bimtek PPI resmi ditunda.
Akan kami infokan jika sudah ada jadwal berikutnya yang sudah disepakati oleh seluruh narasumber.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Hormat kami,
Panitia Penyelenggara.

  Topik ini membahas Masalah apa?

Pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial atau HAI (Health Care Associated Infection) mutlak harus dilaksanakan di FKTP, hal ini tertuang dalam Standar Akreditasi FKTP maupun Permenkes No. 27/2017, mewajibkan Puskesmas, Klinik dan Praktik Mandiri untuk menerapkan seluruh program PPI. Tujuan pelaksanaan program PPI adalah mengidentifikasi dan menurunkan risiko infeksi yang dapat ditularkan diantara pasien, staf, tenaga profesional kesehatan, tenaga kontrak, tenaga sukarelawan mahasiswa dan pengunjung. 

Kejadian infeksi nosokomial dapat menimbulkan kerugian bagi pasien mulai dari perawatan menjadi lebih lama, yang berarti dapat memperlama penderitaan baik secara fisik dan psikis serta finansial, sampai dengan kejadian paling serius yaitu kematian sedangkan bagi FKTP dapat memperburuk performance di mata masyarakat, sedangkan Penyakit infeksi terkait pelayanan kesehatan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sebenarnya dapat dicegah bila fasilitas pelayanan kesehatan secara konsisten melaksanakan program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).
Oleh karena itu, FKTP perlu memahami regulasi program PPI agar dapat dilaksanakan oleh seluruh karyawan puskesmas secara komprehensif untuk mencegah dan meminimalkan resiko terjadinya infeksi, kemudian melakukan identifikasi prosedur pelaksanaan yang terkait dengan resiko infeksi dengan menerapkan strategi untuk mengurangi resiko infeksi serta mengimplementasikan semua program untuk menurunkan resiko infeksi yang didapat di fasilitas kesehatan.
Bimbingan teknis ini akan membantu Pimpinan dan Staf FKTP dalam memahami konsep maupun implementasi pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP, agar terwujud pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu.

  Manfaat apa yang anda dapatkan?

Dalam bimtek ini anda akan mendapatkan :

  1. Peserta memahami konsep dan implementasi pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama sesuai Permenkes No 27 tahun 2017 dan standar akreditasi FKTP.
  2. Memahami kebijakan pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP dan standar akreditasi FKTP yang terkait dengan pencegahan dan pengendalian infeksi.
  3. Memahami dan dapat mengimplementasikan kewaspadaan standar di FKTP dan dapat mengimplementasikan kewaspadaan berdasar transmisi di FKTP.
  4. Memahami dan dapat menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi terkait pelayanan kesehatan di FKTP dengan bundles HAIs serta mampu merencanakan dan melaksanakan surveilans HAIs.
  5. Mampu melakukan Infection Control Risk Assessment.
  6. Mampu menyusun dokumen pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP yang dipersyaratkan dalam akreditasi.
  7. Mampu menyusun program pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP yang dipersyaratkan dalam akreditasi.
  8. Mampu melakukan monitoring dan evaluasi dalam program pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP
  Apa yang dibahas?
  1. Konsep dan implementasi pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama sesuai Permenkes No 27 tahun 2017 dan standar akreditasi FKTP.
  2. Kebijakan pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP dan Pemahaman standar akreditasi FKTP yang terkait dengan pencegahan dan pengendalian infeksi.
  3. Implementasi kewaspadaan standar di FKTP dan kewaspadaan berdasar transmisi di FKTP.
  4. Penerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi terkait pelayanan kesehatan di FKTP dengan bundles HAIs serta Perencanaan dan pelaksanaan surveilans HAIs.
  5. Infection Control Risk Assessment.
  6. Dokumen yang dibutuhkan dalam pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP sesuai standar akreditasi.
  7. Pembahasan program dalam pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP.
  8. Mekanisme Monitoring dan Evaluasi pencegahan dan pengendalian infeksi di FKTP.
  Sasaran Peserta

Peserta yang diharapkan hadir pada Bimtek ini adalah:

  1. Kepala Puskesmas, Klinik Pratama, Klinik Utama.
  2. Pendamping Akreditasi FKTP.
  3. Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di FKTP.
  4. Tim Peningkatan Mutu FKTP.
  5. Tim Keselamatan Pasien FKTP.
  Narasumber

Tim Konsultan Manajemen Mutu Pusat Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Fasilitator

Fasilitas yang akan Anda dapatkan dalam Bimtek ini adalah:

  1. Seminar kit.
  2. Materi pelatihan (modul dalam bentuk PPT & template yang digunakan dalam praktikum) dalam bentuk soft file.
  3. Sertifikat kepesertaan dalam bentuk cetak.
  Biaya

Biaya pelatihan sebesar Rp. 3.500.000 per orang (belum termasuk akomodasi). Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui: Bank BNI UGM Yogyakarta No. Rekening 9888807172010997 atas nama UGM FKU PKMK  Dana Kerjasama Penelitian Umum.

  Narahubung & Koordinator Pelaksana

Andriani Yulianti
No. HP 0813.2800.3119
Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.