Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Reportase Workshop Pertemuan Penyusunan Kerangka Strategis Direktorat Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan

12meiJakarta, Workshop diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan PKMK FK-KMK UGM. Kegiatan diadakan pada tanggal 12-14 Mei di Bekasi dalam rangka melakukan penyusunan lanjutan kerangka kerjas strategis di Direktorat Surveilasn dan Kekarantinaan Kesehatan. Kegiatan penyusunan kerangka strategis ini merupakan langkah strategis dalam menghadapi tantangan kesehatan masyarakat yang semakin kompleks, terutama dalam mendeteksi dan merespons potensi wabah penyakit dengan cepat dan tepat.

Kita ketahui bahwa Pandemi COVID-19 memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya kesiapsiagaan dan responsivitas sistem kesehatan terhadap ancaman pandemi. Pengalaman ini menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 lalu bukanlah yang terakhir, mengingat tingginya mobilitas penduduk dan peningkatan dinamika interaksi manusia dengan lingkungan dan hewan yang terus berubah. Perlu adanya pendekatan program yang mampu menyasar aspek strategis dalam mendukung kesiapsiagaan terhadap berbagai ancaman kesehatan masyarakat.

Penyusunan dokumen didasarkan pada pentingnya membangun suatu ketahanan kesehatan nasional dalam berbagai aspek dan pilar pembangunan. Kebutuhan untuk memiliki sistem yang terintegrasi dan responsif terhadap dinamika kesehatan masyarakat, serta untuk mendukung upaya pencegahan, deteksi dini, dan pengendalian penyakit. Dalam proses penyusunannya seluruh tim telah berupaya memperhatikan berbagai aspek, mulai dari identifikasi risiko, pengembangan infrastruktur dan teknologi, hingga kolaborasi antar lembaga dan institusi baik dalam maupun luar negeri.

Hasil pembahasan pertemuan ini dapat di akses melalui link berikut: https://docs.google.com/document/d/1806GEC8J3Eu5ULYbDwFkQoRlvrhsapm9/edit