Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Inovasi Kesehatan Digital untuk Meningkatkan Layanan Penyakit Kardiovaskular

Tanggal 29 September 2024 yang diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia, merupakan peringatan untuk meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat secara lebih lanjut mengenai penyakit kardiovaskular. Peringatan Hari Jantung Sedunia kali ini mengusung tema internasional “Use Heart for Action”, sedangkan tema nasional yang dibawakan yakni Ayo Bergerak untuk Sehatkan Jantungmu. Sebagai penyakit yang menyumbang kematian paling tinggi di tingkat global dengan prevalensi berkisar di angka 470 juta pada 2016, dengan peningkatan persentase kematian akibat penyakit kardiovaskular sebanyak 15% dari tahun 2006 hingga 2016, penyakit kardiovaskular patut menjadi perhatian utama dalam sasaran peningkatan mutu layanan. Penyakit kardiovaskular mencakup penyakit jantung iskemik, penyakit serebrovaskular, penyakit jantung hipertensi, penyakit vaskular perifer, penyakit jantung rematik, kardiomiopati, hingga aritmia. Teknologi kesehatan digital dapat digunakan untuk transformasi layanan kesehatan dengan menyediakan layanan pencegahan penyakit, juga diagnosis dan manajemen, yang dapat memperkuat pasien dan tenaga kesehatan profesional untuk memperoleh luaran kesehatan yang lebih baik.

Kesehatan Digital didefinisikan sebagai penggunaan teknologi digital, mobile, dan nirkabel untuk mendukung pencapaian tujuan kesehatan. Sekarang kesehatan digital digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk kesehatan, meliputi intervensi kesehatan, seperti yang terdapat di bidang baru, yakni analisis big data, kecerdasan buatan, dan machine learning.

Kesehatan digital merupakan bidang yang dinamis dan selalu berkembang yang membutuhkan pendekatan baru untuk meninjau efikasi dan efektivitas teknologi terbarunya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, World Health Organization (WHO) mengeluarkan pedoman untuk memonitor dan mengevaluasi teknologi kesehatan digital. Pada pedoman ini, terdapat beberapa rekomendasi, seperti cara memilih desain studi dan indikator untuk mengevaluasi intervensi kesehatan digital, komponen kunci dan tools untuk memonitor kesehatan digital, pendekatan yang berbeda pada asesmen kualitas data, dan pedoman untuk melaporkan temuan, contohnya dengan menggunakan daftar mHealth Evidence Reporting and Assessment (mERA).

Meski kesehatan digital memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan layanan dan pencegahan penyakit kardiovaskular, terdapat beberapa bukti ilmiah yang terbatas untuk mendukung penggunaan teknologi kesehatan digital. Intervensi kesehatan digital yang akan dibahas yakni: (i) program pesan singkat, (ii) aplikasi ponsel, (iii) perangkat yang digunakan.

Program Pesan Singkat

Kepatuhan pengobatan merupakan landasan dari manajemen penyakit kardiovaskular, seperti perilaku hidup sehat, beberapa studi mengevaluasi program pengiriman pesan singkat dalam meningkatkan kepatuhan. Peninjauan sistematik Cochrane (2017) menunjukkan adanya peningkatan kepatuhan sebagai efek positif dari program pengiriman pesan singkat pada pasien dengan penyakit kardiovaskular. Yang perlu digaris bawahi dari intervensi ini adalah hampir seluruh program pengiriman pesan singkat hanya mengevaluasi dampaknya terhadap satu perilaku kesehatan. Meski meningkatkan perilaku kesehatan secara spesifik dapat bermanfaat bagi orang dengan penyakit kardiovaskular, peningkatan pada beberapa perilaku secara simultan dapat lebih berdampak signifikan pada kesehatan secara signifikan.

Aplikasi Ponsel

Intervensi lewat ponsel pintar dan tablet dalam aplikasi dapat mengedukasi pasien lewat informasi tertulis dan visual, serta monitor dan manajemen kondisi kesehatan melalui harian dan pengingat otomatis. Meski ada potensi besar dari aplikasi kesehatan, terdapat satu aspek yang harus dipertimbangkan, yakni pengembang dari aplikasi kesehatan dengan latar belakang tenaga kesehatan profesional yang sedikit hingga tidak sama sekali dan pengembangannya tidak berdasarkan bukti ilmiah. Penting untuk membangun aplikasi yang berfokus pada perilaku individu. Studi yang dilakukan oleh Santo et. al pada 2019 dengan randomized control trial terhadap aplikasi pengingat pengobatan dalam meningkatkan kepatuhan pengobatan, menunjukkan adanya peningkatan kepatuhan pengobatan yang dilaporkan pengguna (self-report) yang tidak diikuti oleh peningkatan signifikan dari luaran klinis pengguna aplikasi jika dibandingkan dengan layanan manual tanpa aplikasi. Evaluasi ini juga menemukan mayoritas pasien yang menerima intervensi aplikasi menemukan kegunaan aplikasi dalam pencatatan nama dan dosis obat yang dikonsumsi sehingga pengingat pengobatan dapat meminum obat dengan benar.

Perangkat yang Digunakan

Perangkat yang dapat digunakan merupakan alat elektronik yang dapat digunakan dan memiliki kemampuan untuk menangkap informasi, memproses data, dan menyediakan luaran informasi yang relevan lewat koneksi dengan perangkat lain, seperti aplikasi ponsel pintar. Dalam konteks layanan dan manajemen penyakit kardiovaskular, faktor gaya hidup menjadi target utama dari perangkat pintar adalah aktivitas fisik. Pencatat aktivitas menyediakan informasi langkah harian, jarak jalan, energi yang dihabiskan , dan detak jantung. Tinjauan sistematik yang dipublikasikan pada 2019 mengenai investigasi dampak intervensi yang menggunakan pencatat aktivitas berbasis pengguna perangkat dibandingkan dengan pengguna yang tidak memakai perangkat pencatat aktivitas dan perilaku sedenter dengan 3646 partisipan, menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah langkah harian dengan peningkatan mencapai 627 langkah per hari. Studi meta analisis secara spesifik pada pasien dengan penyakit kardiovaskular dengan total pada 4528 pasien, menunjukkan peningkatan signifikan dengan rerata 2592.33 langkah per hari dengan penggunaan perangkat pintar. Sedangkan, bagi perangkat pintar terbaru, seperti smartwatch, dapat digunakan sebagai tool untuk monitor ritme jantung dan mendeteksi aritmia.

Selengkapnya dapat diakses di:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7532121/