Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

'Nurses' Adherence to Patient Safety Principles

World Health Organization (WHO) mendefinisikan keselamatan pasien sebagai tidak adanya bahaya yang dapat dicegah terhadap pasien dan pencegahan bahaya yang tidak perlu oleh tenaga kesehatan profesional. Perawatan yang tidak aman menyebabkan hilangnya 64 juta tahun disability-adjusted life years setiap tahunnya di dunia. Kerugian yang dialami pasien selama pemberian layanan kesehatan diakui sebagai salah satu dari 10 penyebab kecacatan dan kematian di dunia. Analisis retrospektif kerugian rawat inap berdasarkan data yang dikumpulkan dari 24 rumah sakit di Amerika Serikat menunjukkan bahwa strategi harm-reduction dapat mengurangi total biaya layanan kesehatan sebesar $108 juta dan menghasilkan penghematan sebesar 60.000 hari perawatan rawat inap. Selain itu, hilangnya pendapatan dan produktivitas karena biaya lainnya yang merugikan pasien diperkirakan mencapai triliunan dolar setiap tahunnya. Beban kesalahan praktik pada pasien, anggota keluarga mereka, dan sistem layanan kesehatan dapat dikurangi melalui penerapan prinsip keselamatan pasien berdasarkan strategi pencegahan dan peningkatan mutu. Prinsip keselamatan pasien adalah metode untuk mencapai sistem layanan kesehatan yang andal yang meminimalkan tingkat kejadian dan dampak kejadian buruk serta memaksimalkan pemulihan dari kejadian tersebut. Prinsip-prinsip ini dapat dikategorikan sebagai manajemen risiko, pengendalian infeksi, manajemen obat-obatan, lingkungan dan peralatan yang aman, pendidikan pasien dan partisipasi dalam perawatan sendiri, pencegahan luka tekan, peningkatan nutrisi, kepemimpinan, kerja sama tim, pengembangan pengetahuan melalui penelitian, perasaan tanggung jawab dan akuntabilitas, dan melaporkan kesalahan praktik.

Perawat berperan dalam menjaga keselamatan pasien dan mencegah bahaya selama pemberian perawatan, baik dalam rangkaian perawatan jangka pendek, maupun jangka panjang. Perawat diharapkan dapat mematuhi strategi institusi untuk mengidentifikasi bahaya dan risiko melalui penilaian pasien, perencanaan perawatan, kegiatan pemantauan dan pengawasan, pemeriksaan ulang, menawarkan bantuan, dan berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan lainnya. Selain kebijakan yang jelas, kepemimpinan, inisiatif keselamatan yang didorong oleh penelitian, pelatihan staf layanan kesehatan, dan partisipasi pasien, kepatuhan perawat terhadap prinsip-prinsip keselamatan pasien, diperlukan untuk keberhasilan intervensi yang menargetkan pencegahan kesalahan praktik dan untuk mencapai sistem layanan kesehatan yang berkelanjutan dan lebih aman.

Faktor sistemik institusional yang mempengaruhi kepatuhan dan kepatuhan perawat terhadap prinsip-prinsip keselamatan pasien adalah budaya keselamatan pasien di institusi, beban kerja, tekanan waktu, dorongan dari pimpinan dan rekan kerja, tingkat kinerja, pemberian pendidikan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan, prosedur atau protokol kelembagaan, dan juga komunikasi antara staf layanan kesehatan dan pasien. Selain itu, motivasi pribadi, penolakan terhadap perubahan, perasaan otonomi, sikap terhadap inovasi, dan pemberdayaan merupakan faktor pribadi yang berdampak pada kepatuhan perawat terhadap prinsip keselamatan pasien.

Kerangka teoritis untuk menganalisis risiko dan keselamatan dalam praktik layanan kesehatan telah dirancang oleh Vincent et al. (1998), berdasarkan model organizational accidents Reason. Pendekatan ini menggabungkan pendekatan 'person centered', yang berfokus pada tanggung jawab individu untuk menjaga keselamatan pasien dan mencegah bahaya yang menimpa mereka, dan pendekatan 'system centered', yang mempertimbangkan faktor organisasi sebagai pemicu yang membahayakan keselamatan pasien. Menurut kerangka teoritis ini, inisiatif yang bertujuan untuk meningkat.

Pada tinjauan sistematik yang dilakukan oleh Mojtaba et al. (2020) pada 382 abstrak dengan menggunakan domain kerangka Vincent untuk menganalisis risiko dan keamanan dalam praktik klinis menggunakan kata kunci ‘pasien’, ‘penyedia layanan kesehatan’, ‘tugas’, ‘lingkungan kerja’, serta ‘organisasi dan manajemen’ sebagai dasar pencarian terkait prinsip keselamatan pasien.

8okt

Pasien

Kategori ini membahas tentang peran pasien dan bagaimana peran tersebut dapat berdampak pada kepatuhan perawat terhadap prinsip keselamatan pasien. Penyimpangan yang mempunyai kemungkinan besar membahayakan keselamatan pasien terjadi ketika orang tua pasien atau pendampingnya tidak diawasi dan diawasi oleh perawat dalam pemberian obat kepada pasien. Pemberian tanpa pengawasan atau tanpa pengawasan bertentangan dengan prinsip pengelolaan obat yang memerlukan pengawasan langsung perawat; pertimbangan penting untuk pencegahan penyalahgunaan dan penghindaran pasien dalam meminum obat sesuai resep. Penyimpangan ini dapat menghambat keterlibatan aktif pasien dalam perawatan mereka yang aman. Selain itu, satu-satunya jalur komunikasi antara pasien dan perawat adalah bel panggilan, dan perawat jarang menanyakan pasien tentang rasa sakit atau kenyamanan mereka.

Penyedia Layanan Kesehatan

Kategori ini menggambarkan bagaimana pengetahuan dan sikap perawat dikaitkan dengan kepatuhan mereka terhadap prinsip keselamatan pasien. Variasi dalam kepatuhan perawat terhadap prinsip keselamatan pasien dapat disebabkan oleh beragamnya tingkat pengetahuan dan sikap mereka. Contohnya termasuk ketidakpatuhan perawat terhadap prinsip-prinsip pengendalian infeksi, yang mencakup pemeriksaan harian pada lokasi kateter vena perifer, menggosok tangan saat operasi, disinfeksi tangan, dan penggunaan sarung tangan dan celemek sekali pakai saat terkena ekskresi pasien. Contoh lain terkait dengan prinsip pengelolaan obat: kecepatan bolus intravena yang tidak tepat, penyiapan obat yang salah, pemberian obat pada waktu yang salah, pelabelan jarum suntik yang bermasalah, pemberian antibiotik intravena tanpa pembilasan, pasien tidak menerima dosis lengkap obat, dan pencampuran obat dengan pengencer yang salah. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan mengenai standar pemantauan dan surveilans jantung juga terlihat jelas, dengan penempatan elektroda jantung dan/atau persiapan kulit yang salah sebelum prosedur menyebabkan pemantauan tidak konsisten, yang dapat membahayakan keselamatan pasien.

Tugas

Dalam kategori ini, hubungan antara identitas dan jenis tugas keperawatan, serta kepatuhan perawat terhadap prinsip keselamatan pasien dipertimbangkan. Tingkat kepatuhan terendah terlihat pada tugas pengelolaan obat ‘independen’ seperti penghitungan dosis, kecepatan pemberian obat bolus intravena, dan pelabelan alat suntik. Di sisi lain, tingkat kepatuhan yang lebih tinggi dilaporkan untuk tugas-tugas 'kooperatif' dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi, seperti pengecekan ulang obat untuk pemberian obat yang sebenarnya kepada pasien. Demikian pula, semakin banyak perawat yang bekerja dan berkolaborasi di bangsal dikaitkan dengan tingkat kepatuhan yang lebih tinggi terhadap tindakan pencegahan pengendalian infeksi, termasuk memasukkan benda tajam ke dalam kotak yang sesuai, menutup mulut dan hidung, dan melakukan desinfeksi tangan setelah melepas sarung tangan.

Lingkungan Kerja

Ketersediaan peralatan dan sumber daya elektronik serta digitalisasi meningkatkan kemungkinan kepatuhan terhadap prinsip keselamatan pasien terkait dengan manajemen obat, perawatan kateter vena perifer, serta pemantauan dan pengawasan jantung. Sumber daya elektronik dan digitalisasi membantu mengingatkan pemeriksaan harian dan berbagi informasi antar perawat mengenai lokasi pemasangan kateter vena perifer. Keberadaan ruang lingkungan untuk penyiapan obat tanpa interupsi membantu perawat lebih mematuhi instruksi penyiapan dan pemberian obat pada akhir pekan, dibandingkan dengan hari kerja.

Organisasi dan Manajemen

Kategori ini berfokus pada kolaborasi antara perawat dan peran kepemimpinan dalam memotivasi kepatuhan perawat terhadap prinsip keselamatan pasien. Sebagai contoh, kepatuhan terhadap prinsip menggosok tangan saat bedah, termasuk mengeringkan tangan dengan benar setelah menggosok tangan dengan alkohol dan mencuci dengan air dan sabun, dan menggosok tangan dengan alkohol hingga siku, ditingkatkan setelah pemberian umpan balik oleh pimpinan perawat. Proses umpan balik praktis yang teratur, peluang interaksi dan observasi rekan kerja dan kolega senior, dan kepemimpinan memotivasi kepatuhan perawat untuk melakukan inspeksi harian pada lokasi pemasangan kateter vena perifer dan penggunaan sarung tangan sekali pakai saat menangani lokasi pemasangan kateter vena perifer. Kepatuhan terhadap prinsip-prinsip keselamatan pasien oleh perawat jantung ditingkatkan melalui pemberian umpan balik dan memberi informasi kepada perawat di ICU tentang jenis intervensi keperawatan yang dilakukan dalam kasus disritmia serius dan hasilnya. Selain itu, standarisasi proses hand-over membantu kelangsungan rencana perawatan dengan memformalkan diskusi antar perawat dan membantu menghilangkan segala ambiguitas, sehingga meningkatkan kesadaran akan risiko terhadap keselamatan pasien.

Selengkapnya dapat diakses di: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7142993/