Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Andriani Yulianti, MPH

andrian

Andriani Yulianti, MPH., menyelesaikan pendidikan S2 di Minat Manajemen Rumah Sakit, Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM Yogyakarta pada Tahun 2012. Setelah menyelesaikan studi S2 kemudian bergabung di tahun yang sama sebagai peneliti dan konsultan di Divisi Manajemen Mutu PKMK FKKMK UGM Yogyakarta sejak pertengahan Tahun 2012. Pernah ditugaskan sebagai koordinator lapangan dalam program sister hospital selama 3 Tahun di Kupang-NTT dalam kaitannya dengan upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi, dan sekaligus menjadi awal keterlibatan dalam program kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Bidang yang diminati dan ditekuni saat ini terkait dengan mutu pelayanan kesehatan Ibu dan Anak. Saat ini tergabung dalam Kelompok Kerja KIA (POKJA KIA) yang dibentuk oleh FK-KMK UGM. Sejak tahun 2016-2019 menjadi koordinator pelaksanaan Annual Scientific Meeting (ASM) untuk POKJA KIA dan pernah menjadi koordinator Ilmiah pada pelaksanaan Forum Nasional KIA, KB & GIZI ke-1 Tahun 2018 di Yogyakarta, saat ini juga aktif sebagai pengelola website www.Kesehatan-ibuanak.net 

Bersama Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FKKMK UGM telah banyak terlibat dalam kegiatan penelitian, pelatihan, maupun konsultasi seperti; Pendampingan Pelaksanaan Audit Maternal Perinatal (AMP) efektif dengan 10 langkah, Pendampingan Manual Rujukan Maternal Neonatal, Melakukan Analisa Situasi KIA di Kabupaten Banyumas dan Grobogan, Memfasilitasi Penyusunan Policy Brief topik KIA, Sebagai tim penyusunan Kebijakan dan Strategi Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia (National Quality Policy and Strategy) dengan Kementerian Kesehatan dan WHO. Selain kegiatan yang terkait KIA juga memiliki ketertarikan dalam upaya peningkatan mutu di FKTP dengan memberikan pendampingan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) dan Penerapan Keselamatan Pasien di Faskes dalam kaitannya dengan persiapan akreditasi FKTP.