Reportase: Pelaksanaan Table Top Exercise (TTX) Dokumen Perencanaan Penanggulangan Bencana dan Krisis Kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan

Makassar, PKMK FK - KMK UGM telah melaksanakan pelatihan Table Top Exercises (TTX) pada tanggal 1 Agustus s/d 6 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan salah satu Program INSPIRASI UGM (Improving Quality of Disease Preparedness, Surveillance and Response in Indonesia) kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan Centers for Disease Prevention and Control (CDC US). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan dokumen disaster plan yang telah berlangsung sekitar 4 bulan yang lalu, dan didampingi langsung oleh Tim dari PKMK FK - KMK UGM. Melalui dokumen ini Dinas Kesehatan diharapkan mampu memahami dan mengimplementasikan bahwa dokumen Disaster Plan adalah salah satu bentuk kesiapan untuk menghadapi bencana alam dan bencana non alam. Artinya dokumen yang disusun harus seoperasional mungkin sehingga saat bencana terjadi tidak mengganggu layanan rutin sehari – hari.

Kegiatan dilakukan secara hybrid, dimana 2 fasilitator yakni Gde Yulian Yogadhita M.Epid, Apt dan Madelina Aryani SKM, MPH mendampingi peserta secara langsung di Hotel Four Point Makassar, sedangkan fasilitator lainnya yakni; dr Bella Dona, M.Kes, dr. Hendro Wartatmo, dan Happy R Pangaribuan mendampingi peserta secara online melalui zoom. Peserta dalam kegiatan ini yakni Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan, Dinkes Kota Makassar, Dinkes Kab. Maros yang dihadiri oleh ±10 orang peserta dari masing-masing Dinas Kesehatan. Kegiatan TTX ini dirancang untuk menguji kemampuan teoritis dan manajemen (berdasarkan dokumen) petugas dinas kesehatan untuk menanggapi situasi bencana yaitu bagaimana mereka memahami tugas dan fungsi mereka saat bencana. Kemudian meninjau dan mendiskusikan kembali tindakan apa saja yang perlu ditambahkan dalam dokumen.

Kegiatan ini di akhiri dengan penyampaian rencana dan tindak lanjut yang disampaikan oleh dr. Muhammad Hardhantyo, MPH, Ph.D, FRSPH selaku program director dalam program INSPIRASI. Berharap agar semua Dinas Kesehatan yang terlibat dapat melakukan penguatan kapasitas secara internal dan membahas kembali secara internal dokumen yang telah disusun. Sekaligus dr Hardhantyo menginformasikan bahwa CDC US telah menyetujui kegiatan lanjutan terkait kesiapan untuk menghadapi bencana alam dan bencana non alam di level daerah di Sulawesi Selatan dengan kegiatan Full Scale Exercises. Secara umum kegiatan berlangsung dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta karena kegiatan seperti ini merupakan kesempatan bagi stim dinas kesehatan untuk mengkonsultasikan dokumennya yang telah disusun. Secara detil reportase harian dan video kegiatan dapat diakses melalui link berikut:

klik disini

Reporter: Andriani Yulianti, MPH ( Peneliti Divisi Manajemen Mutu, PKMK FK KMK UGM)