Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Dukungan untuk manajemen COVID-19

23 Juli 2020

Strategi Mitigasi Kekurangan Staf Kesehatan

downloadMempertahankan pengelolaan pegawai yang tepat di fasilitas layanan kesehatan sangat penting untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi tenaga kesehatan dan perawatan pasien yang aman. Saat pandemi COVID-19 berlangsung, kekurangan staf kemungkinan akan terjadi karena tenaga kesehatan terpapar penyakit, atau perlu merawat anggota keluarga di rumah. 

Readmore

17 Juli 2020

Penularan SARS-CoV-2: Implikasi Untuk Tindakan Pencegahan Infeksi

downloadDokumen ini adalah pembaruan dari ringkasan ilmiah yang publikasikan pada 29 Maret 2020 berjudul "Model penularan virus COVID-19: rekomendasi implikasi untuk pencegahan dan pengendalian infeksi ”dan termasuk bukti ilmiah baru berkenaan dengan transmisi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

 

Readmore

9 Juli 2020

Manajemen Orang dengan COVID-19

downloadPasien dengan infeksi corona virus 2 (SARS-CoV-2) yang mengalami sindrom pernapasan akut dapat mengalami serangkaian manifestasi klinis, mulai dari tanpa gejala hingga penyakit kritis. Bagian Pedoman ini membahas manajemen klinis pasien berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Saat ini, Food and Drug Administration belum menyetujui obat apa pun untuk pengobatan COVID-19.

Readmore

2 Juli 2020

Komunikasi Resiko Covid-19 Untuk Fasilitas Layanan Kesehatan

downloadWHO mengeluarkan panduan sementara yang berisi materi yang terkait dengan langkah untuk melindungi tenaga kesehatan dari infeksi dan mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 di fasilitas pelayanan kesehatan. Materi ini juga berisi serangkaian pesan dan pengingat sederhana berdasarkan panduan teknis WHO yang lebih lengkap tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan dalam konteks COVID-19.

Readmore

25 Juni 2020

Kriteria untuk Mengeluarkan Pasien COVID-19 dari Isolasi

Pada tanggal 27 Mei 2020, WHO menerbitkan pedoman sementara yang diperbarui tentang manajemen klinis COVID-19 dan memberikan rekomendasi yang diperbarui tentang kriteria untuk mengeluarkan pasien dari isolasi. Kriteria yang diperbarui tercerminkan dari temuan baru-baru ini bahwa pasien yang gejalanya telah sembuh masih mungkin memiliki tes positif virus COVID-19 (SARS-CoV-2) oleh RT-PCR selama beberapa minggu. Ringkasan ilmiah ini memberikan dasar pertimbangan dalam melakukan perubahan terhadap pedoman manajemen klinis COVID-19, berdasarkan bukti ilmiah terbaru.

Readmore

18 Juni 2020

Investigasi Kasus dan Penelusuran Kontak: Bagian dari Pendekatan Multiguna untuk Memerangi Pandemi COVID-19

Investigasi kasus dan penelusuran kontak, merupakan tindakan yang penting dalam pengendalian penyakit yang dapat dilakukan oleh personel pelayanan/departemen kesehatan setempat, dan merupakan strategi yang penting untuk mencegah penyebaran lebih lanjut COVID-19. Diperlukan tindakan segera. Masyarakat harus meningkatkan kemampuan yang besar dan bekerjasama dengan lintas lembaga publik dan swasta untuk menghentikan transmisi COVID-19.

Readmore

11 Juni 2020

Penghentian Tindakan Pencegahan Berbasis Transmisi dan Disposisi Pasien dengan COVID-19 dalam Tatanan Layanan Kesehatan

Penghentian Pencegahan Berbasis Transmisi untuk pasien dengan COVID-19:
Keputusan untuk menghentikan Kewaspadaan Berbasis Transmisi untuk pasien dengan COVID-19 yang dikonfirmasi harus dibuat dengan menggunakan strategi berbasis tes atau berdasarkan gejala (yaitu, waktu-sejak-penyakit-onset dan strategi-sejak-pemulihan) atau berbasis Strategi waktu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Readmore

3 Juni 2020

Implementasi Strategi Mitigasi untuk Masyarakat dengan Transmisi Lokal COVID-19

Dokumen ini menjelaskan tujuan, prinsip panduan, dan strategi mitigasi masyarakat untuk mengurangi atau mencegah penularan COVID-19 lokal. Kegiatan mitigasi berbasis komunitas adalah tindakan yang dapat dilakukan orang dan komunitas untuk memperlambat penyebaran virus baru dengan potensi pandemi. Tindakan mitigasi masyarakat sangat penting sebelum vaksin atau obat terapeutik tersedia secara luas.

Readmore

28 Mei 2020

Kerangka Kerja untuk Sistem Pelayanan Kesehatan yang Menyediakan Pelayanan Klinis Non-COVID-19 Selama Pandemi COVID-19

Pada awal pandemi COVID-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa sistem perawatan kesehatan memprioritaskan kunjungan mendesak dan menunda perawatan elektif untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dalam pengaturan perawatan kesehatan. Konsekuensi dari pandemi ini adalah kurang pemanfaatan layanan medis penting untuk pasien dengan kebutuhan kesehatan mendesak dan darurat yang tidak terkait COVID-19.

Readmore

21 Mei 2020

Strategi Untuk Mengalokasikan Persediaan Ventilator ke Fasilitas Kesehatan

Selama keadaan darurat kesehatan masyarakat berskala besar yang melibatkan penyakit pernapasan seperti COVID-19, di negara bagian, persediaan ventilator lokal harus dikerahkan dengan cara yang mengoptimalkan efektivitas, efisiensi, dan kesetaraan sumber daya yang langka ini. Keputusan tentang alokasi ventilator yang disediakan untuk fasilitas harus didasarkan pada beberapa faktor, termasuk:

Readmore