Learn, Connect, Growth | Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Indonesia

Dukungan untuk manajemen COVID-19

21 Januari 2022

SURAT EDARAN NO HK.02.01/MENKES/18/2022 TENTANG PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN KASUS COVID-19 VARIAN OMICRON (B.1.1.529)

download

Pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kebijakan yang ditetapkan pemerintah menyesuaikan dengan perkembangan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia, termasuk dengan munculnya satu Varian of Concern (VoC)

Readmore

23 Juli 2021

Revisi Protokol Tatalaksana Covid‐19 yang disusun oleh 5 Organisasi Profesi

download“Revisi Protokol Tatalaksanan Covid‐19” yang disusun oleh 5 Organisasi Profesi yaitu Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)

Readmore

23 Juli 2021

Dukungan Untuk Manajemen Covid-19: Panduan Isolasi Mandiri Untuk Anak

downloadBerikut ini panduan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia tentang cara melakukan isolasi mandiri untuk anak yang positif Covid-19. Panduan ini memberikan panduan tentang cara mengenali gejala covid-19, syarat melakukan isolasi, peralatan dan obat yang harus disediakan di rumah selama isolasi mandiri, protokol isolasi mandiri di rumah, dan kapan harus membawa anak ke rumah sakit bila timbul gejala baru.

Readmore

2 Juli 2021

Instruksi menteri dalam negeri Nomor 15 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat corona virus disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali

downloadBerikut ini instruksi yang telah dikeluarkan terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Corona Virus Disease (COVID-19) di wilayah Jawa dan Bali, sesuai dengan kriteria level situasi pandemi berdasarkan assesmen dan untuk melengkapi pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri mengenai Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro, serta mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19.

Readmore

18 Juni 2021

Permenkes Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)

downloadBeberapa ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 172) mengalami perubahan, termasuk rencana kebutuhan vaksinasi berdasarkan jumlah sasaran, baik untuk vaksinasi program maupun vaksinasi Gotong Royong.

Readmore

30 April 2021

Fully Vaccinated Adults 65 and Older Are 94% Less Likely to Be Hospitalized with COVID-19

downloadKedua vaksin mRNA COVID-19 (Pfizer-BioNTech dan Moderna) resmi dan direkomendasikan di Amerika Serikat melindungi dari rawat inap terkait COVID-19 di antara orang dewasa 65 tahun ke atas, menurut penilaian CDC baru yang menemukan orang dewasa yang divaksinasi penuh 65 tahun ke atas 94% lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit karena COVID-19 dibandingkan orang pada usia yang sama yang tidak divaksinasi.

Readmore

19 Maret 2021

Studi Pembelajaran Penanganan COVID-19 Indonesia

downloadFokus studi ini mengidentifikasi kesenjangan dan tantangan, serta menghadirkan rekomendasi yang relevan bagi penanganan COVID-19 di Indonesia. Berbagai temuan dikemas dengan analisis yang tajam, bahasa yang concise, dan rekomendasi yang bersifat operasional. semoga studi ini menjadi salah satu sumbangsih nyata yang dapat dijadikan pegangan untuk meningkatkan kapasitas dalam penanganan pandemi penyakit.

Readmore

18 Februari 2021

Tingkatkan Cara Penggunaan Masker untuk Melindungimu

downloadPenggunaan masker yang benar dan konsisten adalah langkah penting yang dapat dilakukan setiap orang untuk mencegah tertular dan menyebarkan COVID-19. Masker bekerja paling baik saat semua orang memakainya, tetapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama. Saat memilih masker, lihat seberapa cocoknya, seberapa baik menyaring udara, dan berapa banyak lapisan yang dimilikinya.

Readmore

4 Februari 2021

Pedoman Sementara Surveilans Kesehatan Masyarakat Untuk Covid-19

downloadDokumen ini merangkum panduan WHO saat ini tentang surveilans kesehatan masyarakat coronavirus 2019 (COVID-19) di manusia yang disebabkan oleh infeksi virus corona 2 (SARS-CoV-2). Panduan ini menggabungkan dan menggantikan dua dokumen sebelumnya: Panduan pengawasan global untuk COVID-19 disebabkan oleh infeksi manusia dengan virus COVID-19 dan Strategi surveilans untuk infeksi manusia COVID-19.

Readmore

28 Januari 2021

Panduan Sementara WHO Clinical Management

downloadOrganisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah memperbarui panduan sementara manajemen klinis Covid-19  yang diterbitkan pada tanggal 25 Januari 2021, merupakan update dari panduan sebelumnya yang dipublikasikan pada 27 Mei 2020 yang lalu. Pedoman ini mencakup panduan praktik terbaik dalam merawat pasien COVID-19 dan terdapat 5 rekomendasi baru yang tertuang dalam pedoman ini:

Readmore

21 Januari 2021

Buku saku edisi 2, Protokol Tata Laksana Covid-19

downloadKasus COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan secara pesat, sehingga memerlukan upaya komprehensif dalam penatalaksanaan kasus dan upaya memutus rantai penularan. Pemerintah pusat dan daerah telah menetapkan Rumah Sakit Rujukan maupun Rumah Sakit Darurat, meningkatkan kemampuan Puskesmas, laboratorium rujukan serta jejaringnya yang mampu dan berkomitmen untuk membantu meningkatkan cakupan pelayanan COVID-19. Fasilitas pelayanan kesehatan dalam situasi pandemi tetap harus memperhatikan mutu dan keselamatan pasien, sehingga diperlukan suatu protokol pengobatan sebagai acuan tenaga medis dalam tata laksana di fasilitas pelayanan kesehatan.

Readmore

31 Desember 2020

Pentingnya Vaksinasi Covid-19 bagi Tenaga Kesehatan

downloadBerdasarkan rekomendasi dari Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) , sebuah panel ahli medis dan kesehatan masyarakat yang independen, CDC merekomendasikan petugas kesehatan untuk menjadi salah satu yang ditawarkan dosis pertama vaksin COVID-19 . Personel pelayanan kesehatan mencakup semua orang yang dibayar maupun tidak dibayar yang bertugas di pengaturan pelayanan kesehatan yang memiliki potensi untuk terpapar langsung atau tidak langsung ke pasien atau bahan yang dapat menular.

Readmore

17 November 2020

Bersiap Memberikan Vaksin COVID-19 untuk Pasien Anda

downloadSaat vaksin COVID-19 tersedia, departemen kesehatan akan menjadi mitra utama dalam memastikan keberhasilan Program Vaksinasi COVID-19, termasuk dengan menawarkan pelatihan kepada penyedia layanan kesehatan dalam manajemen, administrasi, dan pelaporan vaksin. Peluang orientasi akan fokus pada hal-hal berikut , selengkapnya pada link berikut

Readmore

12 November 2020

Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

downloadPedoman ini berisi tentang petunjuk teknis layanan rumah sakit pada masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19 yang baru saja diterbitkan pada 9 November 2020. Sejak pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, Rumah Sakit menjadi benteng  terakhir  dalam  penanganan COVID-19. Dengan segala keterbatasan, Rumah Sakit diharapkan mampu mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki dalam memberikan pelayanan kesehatan dimasa pandemi COVID-19 ini. 

Readmore

22 Oktober 2020

Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19

downloadBidang Perubahan Perilaku diharapkan dapat menjadi garda terdepan bagi satuan tugas (satgas) daerah dalam penanganan COVID-19. Bidang tersebut bertugas memastikan peningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun (3M). Kebiasaan 3M harus membudaya agar kita mampu memenangkan peperangan melawan COVID-19.

Readmore

16 Oktober 2020

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk Pengelolaan Jenazah yang Aman dalam Konteks Covid-19

downloadPanduan sementara ini dibuat untuk individu yang merawat tubuh orang yang telah meninggal karena dicurigai atau dikonfirmasi penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Potensi pengguna meliputi manajer dari fasilitas pelayanan kesehatan dan kamar mayat, serta tokoh agama dan kesehatan masyarakat berwenang . Selain itu, dokumen ini memberikan panduan untuk pengelolaan jenazah dalam konteks COVID-19 di lingkungan berpenghasilan rendah, menengah dan tinggi.

Readmore

8 Oktober 2020

Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19

downloadDalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19 dan menjaga kesehatan masyarakat, diperlukan percepatan dan kepastian akses pengadaan Vaksin COVID-19 dan pelaksanaan Vaksinasi COVID- 19 sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan yang ditetapkan. Oleh karena itu, Pemerintah baru saja mengeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 TAHUN 2O2O tentang Pengadaan Vaksin Dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19 pada 7 Oktober 2020.

Readmore

1 Oktober 2020

Pelibatan Petugas Kesehatan Komunitas dalam Mendukung perawatan berbasis rumah untuk orang dengan COVID-19 pada kondisi sumber daya rendah

downloadKebanyakan orang dengan COVID-19 hanya akan mengalami gejala ringan hingga sedang. Orang dengan COVID-19 yang tidak memiliki penyakit penyerta atau kondisi kesehatan yang membuat mereka berisiko terkena penyakit parah pada umumnya dapat dirawat di rumah. Perawatan berbasis rumah yang diberikan oleh CHW kepada orang dengan COVID-19 dapat membantu meringankan beban substansial yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 pada sistem layanan kesehatan di seluruh dunia.

Readmore

24 September 2020

Pedoman Sementara Biosafety Laboratorium untuk Penanganan dan Pemrosesan Spesimen yang Berhubungan dengan Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19)

downloadHingga informasi lebih lanjut tersedia, tindakan pencegahan harus diambil dalam menangani spesimen yang dicurigai atau dikonfirmasi SARS-CoV-2. Komunikasi yang tepat antara staf klinis dan laboratorium sangat penting untuk meminimalkan risiko yang timbul dalam penanganan spesimen dari pasien dengan kemungkinan infeksi SARS-CoV-2.

Readmore

17 September 2020

Panduan Sementara untuk Rapid Tes Antigen SARS-COV-2

downloadPanduan sementara ini ditujukan bagi dokter yang memesan tes antigen, menerima hasil tes antigen, dan / atau melakukan tes perawatan di tempat, serta untuk profesional laboratorium yang melakukan pengujian antigen di laboratorium atau di tempat perawatan dan melaporkan hasil tersebut. Tujuan dari panduan teknis sementara ini untuk mendukung penggunaan tes antigen yang efektif untuk situasi pengujian yang berbeda.

Readmore

10 September 2020

Memahami Kepatuhan terhadap Standar Perlindungan Pernafasan Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3-OSHA) Selama Pandemi Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19)

downloadPandemi Coronavirus 2019 (COVID-19) telah memiliki dampak yang belum pernah terjadi sebelumnya pada ketersediaan respirator dan uji kesesuaian persediaan. Dokumen ini dimaksudkan untuk membantu pengusaha memahami dan mematuhi panduan penegakan sementara OSHA untuk Standar Perlindungan Pernafasan

Readmore

31 Agustus 2020

Pertimbangan Karantina Kontak Kasus COVID-19

downloadDokumen ini merupakan pembaruan dari pedoman sementara berjudul Pertimbangan untuk karantina individu dalam konteks penahanan penyakit coronavirus (COVID-19), yang diterbitkan pada 19 Maret 2020. Versi ini terbatas pada penggunaan karantina untuk kontak kasus yang dikonfirmasi atau Probable. Ini memberikan panduan terbaru untuk pelaksanaan karantina, serta panduan tambahan tentang ventilasi dan perawatan anak di karantina. Pembaruan tersebut didasarkan pada bukti pengendalian penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, dan pengetahuan ilmiah tentang virus tersebut.

Readmore

21 Agustus 2020

Perawatan Rumah Bagi Pasien yang Dicurigai atau Dikonfirmasi Covid-19 dan Pengelolaan Kontak

downloadDokumen ini adalah pembaruan dari panduan yang diterbitkan pada 17 Maret 2020 bertajuk “Perawatan rumah bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan penanganan kontak mereka”. Panduan sementara ini telah diperbarui dengan anjuran mengenai perawatan rumah yang aman dan tepat bagi pasien dengan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) dan tindakan kesehatan bagi masyarakat terkait dengan pengelolaan kontak mereka.

Readmore

13 Agustus 2020

Standar APD untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia [Revisi 3] per tanggal 11 Agustus 2020

downloadKetersediaan APD yang diakui semakin berkurang, perlu diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan APD yang harus disesuaikan dengan standar yang ada. Oleh karena itu, pembuatan Standar APD ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat umum dalam memenuhi kebutuhan APD. Tujuan dari penyusunan standar ini untuk menyamakan kualitas APD sesuai standar internasional bagi masyarakat umum, tenaga kesehatan, serta para produsen dan distributor.

Readmore

7 Agustus 2020

Menerapkan Penggunaan Ulang Filtering Facepiece Respirator (FFR), Termasuk Penggunaan Kembali Setelah Dekontaminasi, Ketika Diketahui Kekurangan Respirator N95

downloadStrategi CDC untuk mengoptimalkan pasokan FFR N95 ditulis sebagai lanjutan dalam penggunaan pendekatan kapasitas lonjakan dalam urutan konvensional (praktik sehari-hari), kontingensi (kekurangan yang diharapkan), dan krisis (kekurangan yang diketahui). FFR N95 harus dibuang setelah digunakan. CDC mengembangkan strategi kontingensi dan krisis untuk membantu fasilitas layanan kesehatan menghemat persediaan mereka dalam menghadapi kekurangan.

Readmore

30 Juli 2020

Anjuran WHO Mengenai Penggunaan Masker Dalam Konteks COVID-19

downloadPenggunaan masker merupakan bagian dari rangkaian komprehensif langkah pencegahan dan pengendalian yang dapat membatasi penyebaran penyakit-penyakit virus saluran pernapasan tertentu, termasuk COVID-19. Masker dapat digunakan baik untuk melindungi orang yang sehat (dipakai untuk melindungi diri sendiri saat berkontak dengan orang yang terinfeksi) atau untuk mengendalikan sumber (dipakai oleh orang yang terinfeksi untuk mencegah penularan lebih lanjut).

Readmore

23 Juli 2020

Strategi Mitigasi Kekurangan Staf Kesehatan

downloadMempertahankan pengelolaan pegawai yang tepat di fasilitas layanan kesehatan sangat penting untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi tenaga kesehatan dan perawatan pasien yang aman. Saat pandemi COVID-19 berlangsung, kekurangan staf kemungkinan akan terjadi karena tenaga kesehatan terpapar penyakit, atau perlu merawat anggota keluarga di rumah. 

Readmore

17 Juli 2020

Penularan SARS-CoV-2: Implikasi Untuk Tindakan Pencegahan Infeksi

downloadDokumen ini adalah pembaruan dari ringkasan ilmiah yang publikasikan pada 29 Maret 2020 berjudul "Model penularan virus COVID-19: rekomendasi implikasi untuk pencegahan dan pengendalian infeksi ”dan termasuk bukti ilmiah baru berkenaan dengan transmisi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

 

Readmore

9 Juli 2020

Manajemen Orang dengan COVID-19

downloadPasien dengan infeksi corona virus 2 (SARS-CoV-2) yang mengalami sindrom pernapasan akut dapat mengalami serangkaian manifestasi klinis, mulai dari tanpa gejala hingga penyakit kritis. Bagian Pedoman ini membahas manajemen klinis pasien berdasarkan tingkat keparahan penyakit. Saat ini, Food and Drug Administration belum menyetujui obat apa pun untuk pengobatan COVID-19.

Readmore

2 Juli 2020

Komunikasi Resiko Covid-19 Untuk Fasilitas Layanan Kesehatan

downloadWHO mengeluarkan panduan sementara yang berisi materi yang terkait dengan langkah untuk melindungi tenaga kesehatan dari infeksi dan mencegah kemungkinan penyebaran COVID-19 di fasilitas pelayanan kesehatan. Materi ini juga berisi serangkaian pesan dan pengingat sederhana berdasarkan panduan teknis WHO yang lebih lengkap tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan dalam konteks COVID-19.

Readmore

25 Juni 2020

Kriteria untuk Mengeluarkan Pasien COVID-19 dari Isolasi

Pada tanggal 27 Mei 2020, WHO menerbitkan pedoman sementara yang diperbarui tentang manajemen klinis COVID-19 dan memberikan rekomendasi yang diperbarui tentang kriteria untuk mengeluarkan pasien dari isolasi. Kriteria yang diperbarui tercerminkan dari temuan baru-baru ini bahwa pasien yang gejalanya telah sembuh masih mungkin memiliki tes positif virus COVID-19 (SARS-CoV-2) oleh RT-PCR selama beberapa minggu. Ringkasan ilmiah ini memberikan dasar pertimbangan dalam melakukan perubahan terhadap pedoman manajemen klinis COVID-19, berdasarkan bukti ilmiah terbaru.

Readmore

18 Juni 2020

Investigasi Kasus dan Penelusuran Kontak: Bagian dari Pendekatan Multiguna untuk Memerangi Pandemi COVID-19

Investigasi kasus dan penelusuran kontak, merupakan tindakan yang penting dalam pengendalian penyakit yang dapat dilakukan oleh personel pelayanan/departemen kesehatan setempat, dan merupakan strategi yang penting untuk mencegah penyebaran lebih lanjut COVID-19. Diperlukan tindakan segera. Masyarakat harus meningkatkan kemampuan yang besar dan bekerjasama dengan lintas lembaga publik dan swasta untuk menghentikan transmisi COVID-19.

Readmore

11 Juni 2020

Penghentian Tindakan Pencegahan Berbasis Transmisi dan Disposisi Pasien dengan COVID-19 dalam Tatanan Layanan Kesehatan

Penghentian Pencegahan Berbasis Transmisi untuk pasien dengan COVID-19:
Keputusan untuk menghentikan Kewaspadaan Berbasis Transmisi untuk pasien dengan COVID-19 yang dikonfirmasi harus dibuat dengan menggunakan strategi berbasis tes atau berdasarkan gejala (yaitu, waktu-sejak-penyakit-onset dan strategi-sejak-pemulihan) atau berbasis Strategi waktu seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Readmore

3 Juni 2020

Implementasi Strategi Mitigasi untuk Masyarakat dengan Transmisi Lokal COVID-19

Dokumen ini menjelaskan tujuan, prinsip panduan, dan strategi mitigasi masyarakat untuk mengurangi atau mencegah penularan COVID-19 lokal. Kegiatan mitigasi berbasis komunitas adalah tindakan yang dapat dilakukan orang dan komunitas untuk memperlambat penyebaran virus baru dengan potensi pandemi. Tindakan mitigasi masyarakat sangat penting sebelum vaksin atau obat terapeutik tersedia secara luas.

Readmore

28 Mei 2020

Kerangka Kerja untuk Sistem Pelayanan Kesehatan yang Menyediakan Pelayanan Klinis Non-COVID-19 Selama Pandemi COVID-19

Pada awal pandemi COVID-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan bahwa sistem perawatan kesehatan memprioritaskan kunjungan mendesak dan menunda perawatan elektif untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dalam pengaturan perawatan kesehatan. Konsekuensi dari pandemi ini adalah kurang pemanfaatan layanan medis penting untuk pasien dengan kebutuhan kesehatan mendesak dan darurat yang tidak terkait COVID-19.

Readmore

21 Mei 2020

Strategi Untuk Mengalokasikan Persediaan Ventilator ke Fasilitas Kesehatan

Selama keadaan darurat kesehatan masyarakat berskala besar yang melibatkan penyakit pernapasan seperti COVID-19, di negara bagian, persediaan ventilator lokal harus dikerahkan dengan cara yang mengoptimalkan efektivitas, efisiensi, dan kesetaraan sumber daya yang langka ini. Keputusan tentang alokasi ventilator yang disediakan untuk fasilitas harus didasarkan pada beberapa faktor, termasuk:

Readmore